Saturday 31 October 2015

Penyebab timbulnya jerawat dan cara mencegahnya

Ketika jerawat tumbuh, tidak hanya sekedar sakit yang kita rasakan tetapi juga membuat penampilan kita jadi kurang menarik karena adanya jerawat. Jerawat sering timbul pada usia pubertas, jadi jangan pernah menyepelekan jerawat yang tumbuh di wajah anda, karena bisa jadi bekasnya tidak mau hilang hingga dewasa.


Jadi bagaimana supaya wajah tidak ditumbuhi jerawat ?? atau bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat ?? sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, saya akan memberi tahu dulu tentang apa penyebab timbulnya jerawat. Berikut penjelasannya dari berbagai sumber yang telah saya rangkum dengan sederhana sehingga anda mudah untuk memahaminya.

1. Wajah kotor
Wajah kotor sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat di wajah kita. Aktifitas sehari hari yang kita lakukan menyebabkan wajah kita menjadi kotor. Bukan hanya itu, terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan bisa juga membuat wajah kita menjadi kotor.

2. Menggaruk wajah dengan kuku
Tanpa disadari banyak sekali kuman yang bersarang di kuku tangan kita. Hal ini dapat menimbulkan jerawat saat anda menggunakan kuku tangan untuk menggaruk wajah.

3. Faktor makanan
Sebenarnya tidak ada makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Banyak yang percaya bahwa makanan dan minuman seperti kacang kacangan, kuning telur, kafein, minuman bersoda dan lain sebagainya dapat memicu tumbuhnya jerawat, tetapi semua itu mitos. Hanya saja jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan penyakit, termasuk jerawat. Karena segala sesuatu jika dikonsumsi berlebihan itu tidak baik.

4. Stress
Ternyata stress juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. ini dikarenakan stress dapat meningkatkan kadar androgen yang memicu timbulnya komedo, dan komedo yang dapat menimbulkan jerawat.

Setelah anda tahu sebab sebab timbulnya jerawat, anda tahu kan apa yang harus anda lakukan ?? yaa.. yang harus anda lakukan supaya tidak ditumbuhi jerawat adalah dengan :
Menjaga kebersihan wajah, jangan sering menyentuh wajah apalagi tangan anda kotor, biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah anda. Hindari menggaruk wajah anda dengan kuku saat gatal, anda bisa mengusap ngusapnya dengan tisu. Jangan makan sesuatu secara berlebihan karena tidak hanya menimbulkan jerawat tetapi juga dapat menimbulkan penyakit lainya, makanlah dengan gizi yang seimbang. Jangan terlalu memikirkan masalah dalam kehidupan ini guys, sekali kali enjoy biar ga stress. karena kalau anda stress masalah bukanya berkurang tetapi malah bertambah, karena stress dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Selain sebab sebab di atas, ada juga penyebab timbulnya jerawat yang tidak bisa kita hindari
contohnya adalah gen atau keturunan dan jenis kulit. Tetapi jangan kuatir, jika anda melakukan tips gaya hidup di atas, setidaknya bisa mengurangi sebagian besar jerawat yang tumbuh.

Jika jerawat sudah terlanjur tumbuh dan membekas di wajah bagaimana solusinya ??? Anda bisa membacanya di artikel selanjutnya yaitu Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami


EmoticonEmoticon