Monday 2 November 2015

Duh ! Ini Nih 4 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan Dengan Obat

Ada beberapa makanan dan minuman tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang harus anda ketahui. yang bilamana makanan atau minuman ini dikonsumsi bersamaan dengan obat dapat menimbulkan interaksi dan mengakibatkan efek samping pada tubuh. Meski tidak semua obat dapat berinteraksi dengan makanan ini. ada baiknya jika anda menghindari agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

tribunnews.com


Berikut makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi bersamaan dengan obat, yang telah kami kutip dan rangkum dari berbagai sumber.

1. Susu / Kalsium
Susu atau makanan dan minuman lainnya yang mengandung kalsium tidak boleh diminum bersamaan dengan obat antibiotic. Misalnya, ampisilin, amoxilin, kloramfenikol, siprofloksasin atau obat lainnya yang mengandung antibiotic. karena kalsium dapat menghambat penyerapan antibiotic yang menyebabkan obat tidak dapat diserap oleh tubuh. sehingga membuat obat yang dikonsumsi tidak manjur dan memperlama kesembuhan.

2. Jus Jeruk dan Anggur
Jus jeruk dan anggur tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat seperti obat tekanan darah, kanker, penurun kolesterol, antidepresan, obat migran, pengencer darah, dan obat diabetes. atau obat penurun kekebalan tubuh pasca transplantasi organ. ini dikarenakan bahan kimia yang terdapat pada jeruk dan anggur dapat menghapus enzim dan memecah obat dalam tubuh.
Efek sampingnya dapat berbeda beda, tergantung obat yang dikonsumsi. tetapi pada umumnya dapat menyebabkan pendarahan pada perut, detak jantung berubah, kerusakan ginjal. bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.

3. Sayur bervitamin K
Sayuran bervitamin K tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah. Karena bertolak belakang dengan fungsi obat tersebut, yaitu vitamin K mempunyai fungsi untuk membekukan darah. Sayuran bervitamin K umumnya mempunyai warna hijau gelap. Contohnya seperti, brokoli, kubis, salad, bayam, dan alpukat.

4. Kopi
Kopi tidak boleh diminum dengan obat antibiotik (seperti enoxacin, ciprofloxacin, norfloksasin) dan obat asma. Karena kandungan kafein yang dapat membuat over dosis obat antibiotik tertentu dan dapat merangsang syaraf pusat.

5. Teh
Zat Tannin dalam teh dapat membuat obat tidak bisa diserap oleh tubuh.

6. Alkohol
Tidak hanya ada pada minuman, kandungan alkohol tinggi juga terdapat pada makanan seperti tape beras dan tape ketan. Alkohol tidak boleh dikonsumsi dengan obat anti histamin dan anti alergi (flu dan batuk) dan parasetamol. karena dapat memperlambat performa motoric dan mental, kerusakan hati dan pendarahan lambung.

Minum obat erat kaitanya dengan orang yang sakit. Oleh sebab itu jika anda tidak ingin rentan terhadap penyakit, anda bisa memanfaatkan perasan air lemon yang mempunyai banyak khasiat. ingin tahu khasiatnya ?? silahkan baca di Manfaat minum air lemon di pagi hari




EmoticonEmoticon