Tuesday 3 November 2015

mengatasi insomnia atau susah tidur

Saat anda membaca artikel ini, mungkin anda pernah mengalami susah tidur atau bahkan sekarang anda sedang mengalaminya ? Susah tidur atau insomnia sering dialami oleh banyak orang termasuk saya dan anda. Tentu saja hal ini sangat merepotkan bila terjadi. Contohnya pada malam hari anda tidak bisa tidur, padahal keesokan harinya anda harus bekerja di pagi hari. Repot bukan, jika anda mengantuk saat bekerja gara gara insomnia.


Terus bagaimana solusinya ? sebelum anda mengetahui solusinya, ada baiknya anda tahu penyebab susah tidur di malam hari terlebih dahulu. Supaya insomnia atau susah tidur tidak terulang lagi di kemudian hari.
Berikut hal hal yang membuat anda susah tidur berikut solusinya:

1. Stress 
Stress bisa membuat anda kesulitan untuk tidur, karena selalu memikirkan masalah yang sedang anda alami. Jika anda susah tidur karena stress, ada baiknya jika anda menenangkan pikiran anda lalu berdoa terlebih dahulu sebelum tidur. Percaya dan pikirkan bahwa masalah yang anda alami akan ada jalan keluarnya keesokan harinya.

2. cemas atau memikirkan sesuatu
Cemas atau khawatir bisa membuat anda susah tidur karena pikiran anda yang melayang layang memikirkan sesuatu yang tidak karuan. Yang membuat pikiran ini datang adalah mungkin sebelumnya anda mendapat kabar buruk atau anda habis nonton film horor. Tenangkan pikiran dan berdoa terlebih dahulu. Jika hal ini masih membuat anda susah tidur, mintalah kepada saudara anda atau orang tua anda untuk menemani anda tidur. Dan jangan biasakan nonton film horor sebelum tidur, jika dapat membuat anda susah untuk tidur.

3. makan yang tidak teratur
Makan yang tidak teratur akan membuat anda sering mengalami lapar di malam hari. Ini akan membuat anda sulit untuk tidur, biasakan selalu makan malam setiap hari agar tidur anda nyenyak. Jika anda sedang melakukan diet, lakukanlah diet dengan sehat. silahkan baca artikel berikut tentang Tips diet sehat

4. kurang olah raga/aktivitas
Orang yang sering berolah raga mempunyai kualitas tidur yang baik. Jika anda tidak bisa tidur karena kurang olah raga anda bisa berolahraga terlebih dahulu sebelum tidur, tetapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur anda, anda bisa memulainya 30 - 60 menit sebelum tidur. ini akan membuat tidur anda lebih nyenyak. dan mulai sekarang biasakan olah raga di pagi atau sore hari, minimal 2 x seminggu agar anda tidak susah tidur dikemudian hari.

5. mengonsumsi kopi (kafein) dan alkohol
Sudah tidak asing lagi jika minum kopi bisa membuat anda susah tidur. Jika anda sudah terlanjur minum kopi atau alkohol sebelumnya, dan membuat anda susah tidur. Solusinya adalah ciptakan suasana yang tenang, lakukan olah raga ringan seperti push up atau sit up, minum segelas susu hangat.

6. Lingkungan yang tidak biasa
Saat anda pindah rumah, atau sedang menginap di rumah teman yang suasananya tidak biasa akan dapat membuat anda susah untuk tidur. ini dikarenakan anda tidak biasa dengan suasana baru. Solusinya jadikan suasana tempat anda tidur senyaman mungkin lalu rilekskan pikiran anda.

7. tidur siang yang terlalu panjang
Saat tidur siang anda terlalu panjang, akan mengakibatkan anda susah untuk tidur dimalam harinya. Solusinya anda bisa membaca buku atau melakukan aktifitas lain yang memungkinkan membuat anda mengantuk. Selanjutnya jangan biasakan tidur siang terlalu lama jika anda tidak ingin kesulitan tidur di malam hari. Cukup dengan 30 menit saja waktu untuk tidur siang yang ideal.

8. mendengar suara bising
Jika anda tipe orang yang sulit tidur jika mendengar suara yang bising, anda bisa mencoba untuk menutupi kebisingan tersebut dengan mendengarkan lagu lagu pengantar tidur.

Semoga tips tips yang saya berikan bermanfaat untuk anda, dan jika anda ingin aktifitas sehari hari anda menyegarkan, biasakan lah minum air lemon teratur dipagi hari. anda bisa membacanya di Manfaat minum air lemon dipagi hari


EmoticonEmoticon