Sunday 8 November 2015

Pertolongan pertama pada luka gigitan Anjing dan kucing

Tags

Anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang lucu bahkan juga bisa dijadikan teman bermain, tetapi selucu lucu nya anjing dan kucing tidak menutup kemungkinan mereka bisa menggigit anda juga. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda belajar tentang pertolongan pertama pada luka gigitan anjing dan kucing, untuk berjaga jaga jika terjadi kecelakaan dari gigitan anjing dan kucing.

pertolongan pertama pada gigitan anjing

Tetapi tahukah anda fakta perbedaan dari gigitan anjing dan kucing ??
Faktanya gigitan kucing lebih sering menimbulkan infeksi daripada gigitan anjing. Tetapi luka gigitan anjing mempunyai permukaan lebih besar daripada gigitan kucing.


pertolongan pertama pada gigitan anjing, pertolongan pertama pada gigitan kucing :

1. Usahakan korban gigitan anjing atau kucing dalam keadaan tenang. Agar lebih mudah diobati.
2. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang luka gigitan tersebut. Sebaiknya gunakan sarung tangan ketika memegang luka tersebut.
3. Cucilah daerah gigitan anjing dan kucing dengan sabun dan air hangat selama 5 menit. Keringkan luka gigitan dengan handuk bersih. Kemudian oleskan dengan krim antibiotik untuk mencegah infeksi. Tutup luka gigitan anjing atau kucing dengan pembalut luka yang steril.
4. Jika luka gigitanya dalam, tekan luka dengan kain atau handuk bersih untuk menghentikan pendarahan. kemudian siram luka dengan air selama 10 menit. Dan segeralah cari bantuan dokter.
5. Jika ada luka gigitan anjing atau kucing yang membengkak, bungkus es didalam handuk lalu letakkan di atas luka tersebut.
6. Pastikan peliharaan anjing atau kucing anda sudah divaksinasi. Anda harus selalu memeriksa keadaan anjing dan kucing anda ke dokter hewan.


Artikel tambahan seputar fakta anjing dan kucing yang mungkin belum anda ketahui


3 fakta mengenai anjing yang mungkin belum anda ketahui:

 1. Anjing makan rumput
Anjing makan rumput untuk membantu pengolahan pencernaanya, atau mereka akan makan rumput jika sedang mual dan ingin memuntahkan sesuatu.
2. Anjing makan sayur dan buah
Banyak yang beranggapan bahwa anjing adalah hewan karnivora, tetapi kenyataanya ada anjing yang doyan makan sayuran dan buah buahan tertentu.
3. Anjing pendiam memiliki umur lebih panjang dari pada anjing agresif.



3 fakta mengenai kucing yang mungkin belum anda ketahui:
1. Tidur lama
kucing mempunyai rata rata waktu tidur selama 16 jam, mungkin ini menjadi sebab jika kucing banyak dijuluki hewan pemalas.
2. kucing mempunyai pendengaran lebih peka daripada anjing.
3. Kucing makan rumput.
Sama seperti anjing, kucing juga makan rumput untuk membantu pengolahan pencernaanya, yang menjadi perbedaan adalah kucing makan rumput untuk membantu mengeluarkan rambut kucing yang tertelan.

Baca juga P3K tentang Kegawat daruratan gigi