Thursday 5 November 2015

Penyebab dan cara mengatasi kebiasaan mendengkur

Banyak orang mengatakan kalau orang tidur mendengkur atau ngorok itu petanda tidur yang nyenyak, tentu saja hal ini adalah mitos. Mendengkur merupakan gejala bahwa seseorang tersebut mengalami gangguan tidur atau bisa disebut dengan sleep apnea.  Sleep apnea merupakan penyakit


yang cukup berbahaya bahkan bisa juga menimbulkan kematian, simak selegkapnya di Bahaya mendengkur saat tidur. 

Disini kita akan membahas tentang penyebab tidur mendengkur dan cara mengatasi tidur mendengkur. Penyebab tidur mendengkur biasanya dipicu karena penyempitan saluran pernafasan di tenggorokan maupun di hidung yang membuat oksigen masuk ke dalam tubuh tidak terkontrol. 

berikut penyebab anda mendengkur saat tidur :

1. Usia
Usia yang sudah tidak muda lagi dan terus bertambah membuat saluran pernafasan menyempit dan otot ditenggorokan akan menurun.

2. masalah pada hidung
flu dan masalah hidung lainnya yang mengganggu masuknya oksigen kedalam tubuh dapat memicu seseorang mendengkur ketika tidur.

3. Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol, merokok dan mengonsumsi obat obatan tertentu dapat meningkatkan relaksasi otot dan membuat anda mudah untuk mendengkur.

4. kondisi tubuh tertentu 
Pria mempunyai kemungkinan besar mendengkur saat tidur dari pada wanita, ini disebabkan pria mempunyai saluran udara yang sempit dibanding wanita. Selain itu kondisi tubuh seperti langit langit mulut yang membelah, kelenjar gondok yang membesar, dan gangguan gangguan yang lainya dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur.

5. Tidur telentang
tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks, hal ini dapat menghambat udara yang masuk kedalam tubuh anda. Dan menyebabkan tidur anda mendengkur.

6. Obestias (kelebihan berat badan)
Orang yang mempunyai kelebihan berat badan akan sering mengalami tidur mendengkur, ini disebabkan oleh Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran. 

Jadi kesimpulannya penyebab seseorang mendengkur saat tidur adalah kurang nya oksigen atau aliran udara yang masuk kedalam tubuh karena terhalang oleh beberapa penyebab di atas. Sehingga keadaan ini menyebabkan berbagai penyakit. seperti stroke, penyakit jantung dll. Lalu bagaimana mengatasi tidur mendengkur atau bagaimana cara menyembuhkan tidur mendengkur ? Ok ! silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

1. Olah raga
Selain baik untuk kesehatan anda, Olah raga juga mampu mengencangkan otot tenggorokan anda dan juga mengurangi berat badan anda. Sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur disaat tidur.

2. Tidur menyamping
Jika anda mempunyai kebiasaan mendengkur, mulai sekarang hindari tidur dengan posisi telentang. Dan biasakan tidur menyamping.

3. Gaya hidup sehat
Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok, kurangi mengonsumsi kafein dan makan berat sebelum tidur. 

4. Diet
menurunkan berat badan dengan diet sehat, Pelajari disini Tips Diet Sehat

5. Tidur dengan kepala lebih tinggi
posisikan kepala lebih tinggi beberapa inci saat tidur, ini dapat membantu memperlancar pernafasan anda. Biasanya dipasaran ada bantal khusus yang dijual untuk membantu mengurangi kebiasaan mendengkur dan memastikan otot leher tidak mengkerut. 
langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.

Source article: http://www.doktergaul.net/2013/09/Penyebab-Tidur-Mendengkur-dan-Cara-Mengatasinya.html
Copyright by DokterGaul.Net
langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.

Source article: http://www.doktergaul.net/2013/09/Penyebab-Tidur-Mendengkur-dan-Cara-Mengatasinya.html
Copyright by DokterGaul.Net


EmoticonEmoticon